Aplikasi Gratis Percantik Foto Hijabers di Instagram

Wednesday 25 March 2015


Kini semakin banyak wanita yang dikenal sebagai selebriti Instagram (selebgram). Umumnya para selebgram selalu memerhatikan foto mereka sebelum diunggah ke akun jejaring sosial pribadinya. Tujuannya agar foto terlihat semakin menarik ketika diunggah ke Instagram.

Fotografer hijab populer di kalangan hijabers, Afida Sukma, memberikan tips edit foto melalui handphone. Berikut empat aplikasi di iPhone atau Android yang biasa dipakai oleh selebgram untuk mempercantik foto sebelum diunggah ke dunia maya.[detik.com]

1. Snapseed


Snapseed merupakan salah satu aplikasi foto gratis yang biasa dipakai oleh selebgram hijab. Snapseed berguna untuk mengatur pewarnaan pada foto. Afida menyarankan agar melakukan permainan pada brightness dan saturation. Jika foto tampak gelap, aturan brightness dan saturation sebaiknya ditingkatkan. Bila gambar menjadi kuning kurangi cahayanya dengan pengaturan warmth. Lalu lakukan pengaturan selective adjust.

"Kalau masih ada yang gelap terangkan dengan selective adjust di bagian-bagian yang gelap," ujar Afida saat berbincang dengan Wolipop di studionya, bilangan Depok, Jawa Barat, Kamis (5/3/2015).

2. Photo Wonder


Jika Snapseed berguna untuk mengatur pewarnaan foto, Photo Wonder dipakai buat mengecilkan lengan atau meniruskan pipi. Bagi hijabers yang merasa pipinya terlalu chubby terutama karena pemakaian jilbab yang terlalu ke belakang bisa ditiruskan agar terlihat lebih cantik. Cara meniruskannya dengan pilih beauty lalu thinify di Photo Wonder.

Selain meniruskan, Afida menyarankan agar memanfaatkan effect vintage atau autumn untuk membuat warnanya terlihat pastel dan lembut. Menurutnya, pengeditan foto seperti ini bisa juga dilakukan di Camera 360 tapi hasilnya lebih bagus lewat Photo Wonder.

3. Camera 360


Meskipun sudah menggunakan Photo Wonder, aplikasi Camera 360 juga tetap diperlukan. Aplikasi ini dapat membuat foto menjadi lebih lembut dan sangat cerah. Pilih efek glossy, light, fresh, atau rosy untuk warna yang smooth dan membuat kulit tampak mulus. Bahkan Afida mengatakan noda hitam atau bekas jerawat juga bisa tersamarkan dengan efek tersebut.

4. Filtergram


Jika memerhatikan beberapa foto selebgram, ada efek cahaya yang membuat postingan semakin menarik perhatian. Menurutnya, aplikasi Filtergram sangat bagus untuk membuat foto terlihat alami terutama bagi yang tone-nya cenderung gelap.

"Jadi ada efek matahari seperti asli. Bisa dibuat bias-bias warnanya tergantung selera. Ada juga efek noise biar kelihatan vintage," tambah wanita lulusan sekolah fotografi Darwin Triadi itu.

Selain menggunakan empat aplikasi tersebut, Afida mengatakan bahwa foto yang bagus juga didukung pengambilan angle, komposisi, dan cahaya. Penting mencari cahaya yang bagus saat memotret menggunakan handphone. Perhatikan pula riasan wajah, setelan busana, dan background foto.

"Jangan terlihat berlebihan yang penting, jadi ada keselarasan antara baju, make-up, dan aksesori. Background juga penting, misalnya jangan sampai ada jemuran kan nggak bagus fotonya," saran wanita yang sudah menjadi fotografer sejak 2008 itu.

Untuk wanita berhijab, Afida mengingatkan agar memerhatikan pose Anda. Hindari pose yang membuat penampilan terkesan 'Nakal' atau menggoda. Sebaiknya berpose dengan menunjukkan keanggunan atau terlihat elegan.

0 comments:

Post a Comment

Popular Posts

Blog Archive

You can replace this text by going to "Layout" and then "Page Elements" section. Edit " About "