Pencegahan Rambut Rontok dan Ketombe untuk Wanita Berjilbab

Wednesday 1 April 2015


Niceview-z - Banyak hijabers yang mempunyai masalah rambut seperti rontok atau berketombe. Hal tersebut terjadi karena banyak dari mereka yang masih kurang memperhatikan cara merawat rambut untuk wanita berjilbab. Perawatan yang dilakukan memang berbeda dari wanita pada umumnya. Berikut langkah-langkah yang perlu diperhatikan dilansir dari Aquila:

1. Sisir Rambut Sebelum Mandi
Rapikan rambut terlebih dahulu menggunakan sisir yang lebar untuk menguraikan kusut sebelum mandi. Sisir yang lebar akan menguraikan rambut yang menggumpal tanpa harus menarik paksa. Berbeda dengan sisir yang panjang Biasanya para hijabers malas atau lupa untuk menyisir rambut terlebih dahulu sehingga ketika basah akan mudah rontok bila helaiannya ada yang kusut.

2. Rutin Keramas
Banyak hijabers yang malas mencuci rambut karena akan basah seharian saat keramas di pagi hari. Padahal, rutin mencuci rambut penting untuk menstabilkan kulit kepala yang akan mencegah kerontokan dan timbulnya ketombe. Bila jarang keramas maka rambut lebih cepat berminyak karena selalu ditutup setiap beraktivitas. Minyak menjadi penyebab utama rambut berketombe.

3. Keringkan Secara Natural
Setelah mencuci rambut, Anda disarankan untuk mengeringkannya secara natural. Biarkan rambut kering alami dengan bantuan handuk. Jika terburu-buru, Anda bisa menggunakan hairdryer tapi diatur dengan temperatur yang tidak terlalu panas. Namun sebaiknya hindari penggunaan alat pengering rambut terlalu sering yang tidak baik untuk kesehatan mahkota Anda. Penggunaan hair dryer setiap hari bisa membuat rambut kering dan rusak.

4. Pilih Ciput yang Nyaman
Setelah rambut kering dan hendak menggunakan kerudung, pilihlah ciput yang nyaman bila ingin menggunakan dalaman. Ciput berguna agar jilbab tidak murah berantakan. Kini ciput juga sudah memiliki beragam model. Agar rambut tetap bisa bernapas ketika beraktivitas sebaiknya gunakan ciput yang nyaman dan menyerap keringat. Misalnya saja menggunakan ciput bahan katun. Selain itu, hindari memakai ciput yang terlalu ketat.

5. Tidak Mengikat Rambut Terlalu Kencang
Hindari mengikat rambut terlalu kencang karena bisa membuatnya sulit 'bernapas'. Rambut juga butuh sirkulasi udara untuk menjaga kesehatan akarnya yang tentu mempengaruhi kerontokan. Anda juga disarankan agar melepas jilbab saat sedang ada waktu beristirahat seperti ketika jam makan siang atau salat.

6. Mengonsumsi Makanan Sehat
Makanan sehat ternyata tidak hanya bagus untuk tubuh tapi juga perawatan rambut Anda. Ahli Gizi asal New York, Willow Jarosh, mengatakan, apabila Anda ingin mempunyai rambut sehat maka harus dimulai dengan diet yang seimbang.

"Diet makanan sehat penting yang mempengaruhi kesuburan rambut agar tetap kuat dan sehat," ujar Jarosh.

7. Masker Rambut Secara Teratur
Wanita berhijab memang sering bermasalah dengan rambut. Oleh sebab itu butuh perawatan ekstra yang lebih rajin. Lakukan masker rambut secara teratur baik di salon maupun di rumah. Ini juga berguna untuk merilekskan kepala serta menghindari rambut kusut.


0 comments:

Post a Comment

Popular Posts

You can replace this text by going to "Layout" and then "Page Elements" section. Edit " About "