Tips hijab idul fitri, untuk kenyamanan silaturahmi

Saturday, 9 May 2015


Tak trasa bulan Ramadhan segera datang lagi, momen indah untuk lebih mendekatkan diri kepada Allah semakin terbuka, salah satunya yaitu dengan berhijab. Bagi Anda yang belum berjilbab, momen Idul Fitri bisa menjadi kesempatan untuk mencoba tampil dengan hijab. Yang biasanya dikhawatirkan ketika mencoba memakai hijab adalah munculnya rasa gerah atau panas. Rasa gerah ini bisa muncul karena penggunaan bahan hijab yang tidak tepat. Berikut ini saran dari para desainer dalam memillih bahan hijab:

Harus Menyerap Keringat 

hal pertama yang wajib diperhatikan saat memilih bahan hijab untuk silaturahmi di hari Idul Fitri adalah pilih yang menyerap keringat. Sebaiknya bahan tersebut tidak terlalu tebal dan cepat kusut. "Kalau Lebaran kan bersilaturahmi dari satu tempat ke tempat lain jadi ngaruh banget ke kenyamanan kita," ujar Dian. Bahan yang disarankan Dian adalah jenis thai silk atau chiffon crepe.

Tidak membuat keringat ngeplak 


Pilih Bahan Silk untuk Kesan Mewah Mel Ahyar, desainer yang baru saja merilis koleksi busana muslim perdana, menyarankan jika Anda ingin mencoba memakai hijab saat Hari Raya, bisa memilih bahan silk atau sutera. Bahan tersebut terasa sejuk dan nyaman ketika dikenakan. Desainer Ria Miranda juga merekomendasikan bahan sutera jika Anda ingin terlihat lebih mewah. "Pilih yang silk, tapi tipis dan cepat kering kalau terkena basah. Silk itu sudah mewah jadi nggak perlu aneh-aneh modelnya sudah memperlihatkan kemewahan," kata Ria. Sayangnya bahan sutera ini harganya cukup mahal. Untungnya kini menurut Ina, ada bahan yang sejenis sutera dengan harga lebih terjangkau yaitu viscose. Bahan tersebut juga tidak terasa gerah ketika dikenakan. Sedangkan menurut Ria, bahan viscose ini sedang tren karena memang nyaman dan menyerap keringat. "Tanpa dalaman (ciput) lebih mudah diatur," ujar desainer yang identik dengan busana muslim warna pastel itu.

Tidak berwarna Warna Hitam 


"Sebisa mungkin jangan pakai bahan warna hitam," ujar Ina yang sudah tertarik mendesain sejak usia 14 tahun itu. Kenapa warna hitam tidak disarankan? Warna hitam menurut Ina, tidak menyerap panas. Sebaiknya pilih bahan warna kulit dan terbuat dari katun 100%.

Tidak Berbahan Satin dan Organdi 


Bahan satin disarankan Ria tidak dipakai untuk silaturahmi maupun salat Ied. Terutama bahan satin yang tebal dan mengkilap. "Bahan satin yang tebal itu banyak sekali dijual, rasanya kurang cocok untuk kerudung," katanya. Bahan satin biasanya sulit untuk dikreasikan karena terlalu licin dan kalau dikenakan akan membuat cepat gerah. Selain satin, bahan yang juga sebaiknya dihindari adalah organdi. "Bahan itu tidak menyerap keringat dan kadang basah keringatnya kelihatan kalau dipakai," ujar Ria.



sumber : wolipop

3 comments:

Melinda Chuby said...

wah memang sangat bagus sekali baju-bajunya, koleksinya sangat lengkap sekali, terimakasih sudah membantu saya
baca juga Model Baju Gamis Batik Kombinasi Kain Satin

Hasna Kamila said...

suka banget sama dian pelangi :)

Obat Radang Usus Buntu pada Anak | OPC Plus Capsule

Eric Reigns said...

makasih bagus sekali artikelnya apakah bisa menjadi penulis di fashion baju wanita style korea saya ? www.suzshop.com

Post a Comment

Popular Posts

You can replace this text by going to "Layout" and then "Page Elements" section. Edit " About "